Umroh mandiri bagian ke 4

Setelah kita melaksanakan ibadah umroh (umroh pribadi) kegiatan bebas deh, kita bisa tawaf berkali2x, bisa mencium batu hajar aswad, bisa berdoa dan shalat sunnaat di depan makam nabi ibrahim, bisa shalat dan berdoa di hijir ismail, bisa shalat dan berdoa di multazam. Tapi kalo mau mencium batu hadjar aswad hati2x banyak sekali tkw indonesia menawarkan jasa untuk membantu melindungi kita, membantu agar kita bisa mudah mencium batu hadjar aswad. Awalnya dirayu2x dibantu setelah mencium batu tersebut kita sujud syukur ujung2x nya minta imbalan, mereka biasanya buka tarif diatas 200 real. Tawar aja 20 real atau 10 real bilang aja gak bawa uang. Atau bilang aja kita gak bawa dompet dll, jika ibu membantu kita mencium batu hadjar aswat dengan ikhlas pasti dapat pahalanya berlipat ganda, pasti ibu tersebut langsung pergi lo hehehehe…Ada juga nih waktu saya tawaf kelilin2x ka’bah ada seorang wanita nawarin jasa untuk tuntun cium batu hadjar aswad saya tolak aja, ehhhh cewek itu ngomel2x gak karuan,,, EGP kali wkwkwkwkwk

hari berikutnya kita city tour kebetulan minibus sudah siap nie,, kita ke jabal rahmah, jabal Tsur, jabal nur (gua hira), ada beberapa kawan mau ke goa hira, padahal sudah saya infoin naik ke bukitnya beda dengan bukit di indonesia. Disini bukitnya terjal berbatuan, pas mereka lihat baru deh sadar,, gak bakalan bisa mendaki ke gua hira. Waktu kita ke jabal nur dilarang masuk karena ada kejadian disana, kitapun gak tahu kejadian apa. Setelah city tour kita ambil miqat di jiranah untuk melaksanakan umroh ke-2 (umrohin keluarga yang sudah meninggal dunia). seperti biasa shalat sunnat 2 rakaat dan niat umroh. kembali ke masjidil haram, melaksanakan umroh seperti biasa selama perjalanan kita mengucapkan labaikallah humma labaik ….. tawaf 7 x keliling ka’bah, shalat sunnat 2 rakaat depan makam nabi ibrohim lalu kita langsung sa’i (safa dan marwah) 7 x keliling, setelah itu melakukan tahallul – gunting rambut sedikit ambil 3 helai cukup. Selanjutnya kegiatan bebas.

Satu hal lagi kejadian pada diri saya, saat mencium batu hadjar aswat, tiba2x saya di dorong oleh manusi2x yang besar, pinggang saya kejedod dinding, saya selama melaksanakan ibadah selallu kuat, tawakkal, harus kuat. Banyak sekali cobaan saya, saat tawaf di senggol pinggang saya oleh orang2x sakitnya luar biasa, tapi saya harus bisa tawaf, dan mampu melaksanakannya. Alhamdulillah perlahan2x luka itu saya usapkan dengan air zam zam terus menerus, sakit yang saya rasakan sudah agak mendingan. Saat pinggang saya, saya siram air zam zam sakitnya luar biasa, perih sekali sampai ketulang rusuk, tapi saya harus kuat menjalankan ibadah umroh ini. Mungkin ini suatu ujian buat saya bagaimana mengahadapi jika terjadi kecelakaan.

Selama saya beribadah di masjidil haram alhamdulillah banyak sekali jamaah seluruh dunia baik pada saya, dikasih biskuit, kurma 1 box, coklat, teh rasa mint, roti cane, tasbeh dsb.. berkah dehh hehehehe. Oh ya kalo di luar aula masjidil haram hati2x disana banyak copet wanita pura2x jadi pengemis. Ada kawan kita hpnya hilang pas keluar masjidil haram. Apes kali yeee.. apa lagi si rial sendalnya hilang terus, setiap selesai shalat berjamaah kita janjian diluar tu pasti nyeker, sendalnya hilang, ganti sendal baru lagi – hilang lagi cape deh nyeker terus pulangnya hehehehehe. Lucunya lagi kalo abis ibadah kan bawaannya laper terus tu,, tau sendirilah kalo umroh backpackeran makan pas pasan, semua apa yang ada dilahap sampai bersih tu,,,, makan apapun nikmatin ajalah, enak gak enak yang penting enak wkwkwkwkwk

Esoknya kita siap2x untuk menuju ke jeddah, kita stay disana 1 malam saja, Selama perjalanan ke jeddah kita mampir dulu nie ke peternakan onta. Pengen nyobain susu onta langsung dari peresan. Ternyata rasanya kayak susu sapi, tapi kalo belum biasa pasti bikin enek deh… hehehehe

Gambar

Didepan aula masjidil haram

Gambardimasjidil haram lantai 2

GambarPeternakan onta

GambarJabal uhud

Leave a comment