Iran uhuyyy

Yess welcome to Iran

Mata uangnya Toman, o = nol nya buanyaakkk. Jadi 1 USD = 3700 Toman.

Oh ya sebelum sampai di Iran, Perjalanan kami dari Armenia ke Iran. Dan supirnya antar kami sampai border keluar Armenia, dan cek imigrasi untuk passport keluar aman, Padahal tinggal lompat aja itu sudah iran lo heheheh…. kaya main taplak gunung, di sini armenia di sana iran, tinggal selangkah aja. saya dkk cek imigrasi iran, aman dan lancar karena kami ada visa iran yang multi entry dan visanya tempel lo.. jadi aman bisa keluar masuk negara iran. Setelah selesai cek imigrasi saya dkk naik bus metro tourizm (dari Igdir – Nahcivan) lama perjalanan 1 jam, lanjut dari Nachivan ke Jolta 36 menit, lanjut dari Jolta ke Tabriz 3 jam, kami naik bus Raja Rail Transportation, Lanjut dari Tabriz menuju Tehran Station lama perjalanan 10 jam, Sambung menyambung bus, tapi kami bawa enjoy saja . Saya dkk stay di Iran cuma 2 malam 3 hari saja cukuplah.  Warga Iran heboh lo jika melihat orang asia datang dan jalan jalan mereka teriak2, dan  minta foto bareng kita hehehe.. seru,, untuk wanita di wajibkan memakai kerudung ya dan berpakaian tertutup. Kalo di Iran itu shalatnya hanya 3 waktu, dan Adzanya pun mengucapakkan alibin abi thalib. cara shalatnya juga berbeda. Wanita iran cantik2 tapi sayang setiap ketemu cewek iran pasti hidungnya selalu di tempelin tensoplas. Katanya si mereka abis operasi hidung supaya makin keceh kali yeee..

Hari pertama – TEHRAN

Saya dkk ke bagian utara kota tehran ke Darband City, naik metro line merah turun di Tajrish Station exit ke Ghods sg. Setelah exit naik angkot umum hijau ke Darband

Hari ke dua – Tehran

Kami explore ke Tabiat Bridge Chitagor Lake Naft street between, Neihagi Bus Street (dekat Argentina Square), Gabusta Palace, Gelata Tower, Grand Bazar, NAtional museum of Iran – Naik Metro, Milad Tower, Azadi Tower, Imamzadeh Saleh, Museum of ruhollah khomeini

Hari ke tiga – Shiraz

Naik bus terminal selatan (South Station) melihat persepolis, tempat yang di explore : Nasir ol Molk Mosque, Shah e Cheragh Mausoleum, Eram Garden, Vakil Bath.

Dari Tehran ke Shiraz by bus, jadi ke Tehran Beyhagil terminal menuju Isfahan kavel terminal lama perjalanan 6 jam. lalu dari  Isfahankavel ke Shahreza by bus 1 jam lebih.  Ada juga dari Tehran ke Shiraz by Train.

ARMENIA – YEREVAN nuansa ceria

Yess.. welcome to Armenia, Saya dkk kebetulan dari Georgia ke Yerevan dengan transportasi umum model seperti avanza, wahh supirnya baik sekali mau antarkan kami sampai hostel dan adiknya punya mobil kami sewa sajalah untuk keliling yerevan. untuk hari pertama kami akan explore ke Monastery of Geghard – agak jauh dari Yerevan, lanjut ke Garni ada ujung bukit di Armenia ada gereja tua juga, jadi Gegrad dan Garni Fortress Mashtots Hayrapet Church, surb astvatsin church, khurmarzham church, ada di barat daya Armenia. Sevan ada di Timur Armenia lama perjalanan 2 jam (perjalanan dari Geghard ke Sevan).

Hari ke dua saya dkk explore ke Museum dan bangunan di kota tua, lanjut ke Schor – Virap yaitu gereja ada air bah zaman nabi Nuh, gereja di atas bukit, mengunjungi pabrik wine, vodka dan cognave.

Hari ke tiga saya dkk menuju Tehran (IRAN), dari Yerevan ke Tehran lebih kurang 8 jam.

Jadi itinery kami ke armenia yaitu

1. YEREVAN : Republic Square, The cascade, the opera, the matenadaran, dancing fountain dimalam hari, blue mosque, victory park & statue of mother armenia, history museum of armenia, vernissage shopping, Gumi shuka market – lokal food, echmiadzin
  2. Village of garni : Garni Fortress, Mashtots Hayrapet church, surb astvatsatsin church, khumarzham church, and the garni gorge ( 1-2 jam dari yerevan), Monastery of geghard (satu arah dengan garni).

20170419_140729

Bersambung ke Iran yuuuu

GEORGIA MENARIK SEKALI

Perjalananku setelah Azerbaijan lanjut ke Georgia. Dari Terminal 28 My St naik Bus Baku menuju ke Bandara Heydar Aliyev Int – Baku. Naik Pesawat Azerbaijan Airlines. Lumayanlah lama perjalanan 1 jam lebih. Ternyata dekat juga ya heheheeh .. Jadi Kami menaiki Pesawat dari Azerbaijan ke Tebilisi, harga tiketnya 153,37 Manat.

Negeri Georgia terkenal dengan pegunungannya yang mempesona dan puncak-puncak gunungnya yang diselimuti salju. Tinggi beberapa gunung di sana mencapai 4.500 meter. Secara geografis, negeri ini dibagi menjadi dua, yaitu Georgia timur dan barat. Keduanya terdiri dari beberapa wilayah. Setiap wilayah memiliki iklim, kebiasaan, musik, tarian, dan makanan yang berbeda-beda.

Mata uang Georgia adalah Lari. jadi 1 USD = 2,37 Lari.

Lanjut kami menuju ke hostel yang telah kami booking yaitu hostel Patio Budget. Sampai di Bandara kami naik bus dan turun sesuai instruksi dari hostel. lanjut naik taxi menuju ke hostel ongkosnya 3 Lari. Tempatnya bersih dan nyaman, dan dekat kemana-mana, dan lengkap dengan dapurnya. Lumayankan kita bisa masak2 untuk sarapan dll.

Esok paginya kami check out dan sebelum berangkat ke Kazbegi saya dkk explore tbilisi. Tempat yang kami explore dengan jalan kaki adalah Narikola Fortress, Liberty Square, Freedom Square, Old town, Clock Tower, Dry Bridge, Masjid Jumah, Agmashenebeli Avenue, Holy Trinity Cathedral. Setelah puas explorenya. Perjalanan kami lanjutkan dengan taxi menuju terminal Dube ongkosnya 10 Lari. Lanjut kita naik mini bus seperti Toyota Innova menuju Kazbegi. Ongkosnya 23 Lari, lumayan lah kalo naik mini bus ini kita bisa stop dan foto2 gunung bersalju yaitu Gudauri tempat ski dll. Sebelum mini busnya berangkat kita belanja dulu untuk bekal, karena terminalnya dekat pasar. Lumayankan lama perjalanan lebih dari 4 jam.

20170417_094539

Sekitar Old Town – Tbilisi

20170417_113931

Perjalanan menuju Kazbegi

20170417_131820

Yess Gudauri (Perjalanan menuju Kazbegi)

20170417_131512

Buah2an nya manis

20170417_123830

Keren Keren viewnya perjalanan menuju Kazbegi

20170417_132710

Gudauri Keren Buanget ketinggian hampir 4000 m.. semua perjalanan di penuhi sallju

KAZBEGI

Sampai di Kazbegi kami langsung ke hostel. Saya dkk nginep di Hostel soul Kazbegi Guest House. Wow dingin sekali udaranya. Karena dekat dengan gunung gunung,, Kami istirahat sebentar dan sore harinya kami explore sekitar Kazbegi. disana ada kafe2, ada perkebunan dan kuda dll. yaa suasana pedesaan di kaki gunung, namanya desa Kazbegi. Oh ya di hostel saya bertemu turis dari Rusia namanya Julia. Orangnya baik sekali. Kami masak bersama dan tuker menu indonesia dan menu rusia. Suasana kami rame lah sudah akrab. akhirnya kami explore bersama menuju kaki bukit…

20170417_185818

20170417_190739

20170417_181357

MT. SKHETA

Esok harinya perjalanan dilanjutkan ke Mt. Skheta. Dari Kazbegi kami naik minivan bayar 23,30 Lari per orang. Lumayanlah perjalanannya tidak begitu lama. Sampai Mt. Skheta suasana seperti kota kecil. Kami stay di Hostel Old Capital. Yahhh suasana pinggiran kota ada gedung2 tua, danau, bazar dll.

20170418_121629

20170418_145717

TBILISI

Perjalanan di lanjutkan ke Tbilisi, dari Hostel Old Capital Mt. Skheta ke Tbilisi kami sewa mobil seperti innova bayar 23 lari per orang. Karena perjalanan ini kami stop di terminal Acakala Tbilisi dan lanjut ke Yerevan (Armania). Jadi dengan sewa mobil ini kami bisa mampir ke tbilisi ke tempat spot yang belum kami Explore.

Perjalanan di lanjutkan ke ARMENIA dengan minibus menuju Yerevan bayar 10 Lari. wahhh ternyata lama perjalanan hampir 3 jam dan supirnya orang Armenia asli lo. Orangnya seru bisa diajak bercanda dan kalo istirahat saya dkk di traktir minum kopi khas armenia.. wah baik juga ya… Kami sampai perbatasan dan biasa stempel passport untuk meninggalkan Georgia. Georgi indah dengan gunung2nya dan ramah penduduknya. Seru lewat border imigrasi antara Georgia dan Armenia.

20170419_093222

Bersambung ke ARMENIA

CHEFCHAUEN – LABIRIN BIRU & FES (MAROKO) — meldawati5uhuy

Perjalananku dilanjutkan ke wilayah serba biru dari rumah, masjid, toko2, restaurant semua dindingnya berwarna biru muda seperti warna blao hehehehe indah sekali. Kebetulan aku naik bus dari Tangier, naiknya dari terminal bus nama marokonya Laga Turkeya, jadi dari Cap Spartel aku naik taxi (taxi yang sudah kita charter dari Tangier ke Cap Spartel) ongkosnya masih […]

melalui CHEFCHAUEN – LABIRIN BIRU & FES (MAROKO) — meldawati5uhuy

BERKELANA KE IRAN – AZERBAIJAN – GEORGIA – ARMENIA selama 14 hari

IRAN – 13 April 2017

Wow Air Asia sudah buka rute ke Tehran lagi niyee.. waktunya kita berburu tiket dari Kualalumpur – Tehran – Kualalumpur lumayan kan promo tiket Rp. 1.500.000 PP lagi … Karena saya mau explore dari Iran langsung ke Azerbaijan via udara, lanjut ke Georgia via udara, lanjut ke Armenia via darat, Lanjut ke Iran via darat. Jadi kita apply visa Iran di Jakarta daerah Menteng. Karena rute saya mau keluar masuk iran, jadi harus apply visa multipel. Visa Iran kita harus bayar ke BRI yang ditunjuk oleh pihak dubes Iran sebesar 20 Euro. lumayanlah… lanjut apply visa Azerbaijan via online kita bayar pake CC sebesar 20 USD, lanjut apply visa Armenia via online sebesar USD 6, lanjut apply visa Georgia via online sebesar USD 20,5. Karena saya masih ada visa USA, Visa Schengen dan Visa New Zealand yang belum expired jadi saya tidak usah apply visa Georgia. amanlah jika lewat udara bisa keluar imigrasi.

Perjalanan dimulai dari Tehran, sampai di Airport Imam Khomini International Airport saya dkk tidak perlu keluar imigrasi karena saya mempunyai tiket pesawar azerbaijan, jadi sampai di Airport Tehran saya minta bantuan security Airport, untuk cek passport dan bisa keluar melalui pintu masuk kelanjutan flight berikutnya di lantai dua. Waduhhh antri imigrasinnya minta ampun ni penumpang buanyak bener urus visa on Arrivel dan asuransinya.

Lanjut ke pintu Gate untuk penerbangan berikutnya ke Azerbaijan dengan pesawat AZAL – Azerbaijan Airlines. Lama perjalanan 1 jam lebih. Lumayan ni pesawat dapat makan dan minum. rotinya enak lagi.. buat ganjel perut hehehehe.

AZERBAIJAN – 14 April 2017

Azerbaijan adalah negara tetangga Iran, dan bukan sekedar negara tetangga. Selama berabad-abad Azerbaijan adalah bagian dari Persia yang lebih besar, sampai negeri ini ditaklukkan oleh Rusia 200 tahun yang lalu. Bahkan saat ini adalah banyak etnis Azerbaijan yang tinggal di Iran, dimana mereka terhitung sebesar 25 persen dari populasi.

Namun, selama dua abad pemisahan telah menimbulkan perbedaan yang signifikan antara kedua grup, yang keduanya berbicara dengan bahasa Azerbaijan dan mematuhi peraturan Syiah Iran.

Israel adalah salah satu negara pertama yang mengakui Azerbaijan saat negara itu menyatakan kemerdekaannya pada tahun 1991, dan keduanya telah memiliki hubungan diplomatik sejak saat itu.

Bahkan presiden Shimon Peres tercatat memberikan pernyataan menjelang acara itu, ia berterima kasih kepada Aliyev untuk mendukung komunitas Yahudi di negara itu.

BAKU — Cukup lama Azerbaijan diselimuti komunisme Uni Soviet. Alhasil, Azerbaijan menyandang status negeri atheist. Bubarnya Uni Soviet, lalu berdirinya Republik Azerbaijan merdeka, terlihat ada perubahan yang dialami negara itu.

Di Azerbaijan, tidak ada kampanye anti-alkohol, atau banyak produk berbahan dasar babi bebas diperjualbelikan.  Yang menarik, sebuah survei yang dipublikasikan Pusat Penelitian Kaukasus menyebutkan keberadaan agama menjadi penting bagi masyarakat Azerbaijan.

Lanjut eyyy perjalananku

Setelah sampai di bandara Azerbaijan kami ke Hostel Main Sreet – Baku. Kebetulan disana ada bus. Kami naik bus dari Airport jurusan 28 May. Jadi bus tersebut turun di 28 May St, ongkosnya 1,3 Manat. Oh ya mata uang Azerbaijan adalah Manat. Jadi jika di tuker dalam 1 USD = 1,7 NAT. Orang Orang Azerbaijan ramah dan mayoritas muslim. Tapi muslimnya Syiah sama dengan muslim Iran.

Di Baku kami explore : Pusat kota di Fountain Square, Old City (Icheri Shehr) ada istana Shirvan shab, Menara Perawan (GIZ Galasi), Shehidden Xibabani (Martylris Lane), BAzar, Fountain Square, Promendader Tepi Laut (Buluan).

15 April 2017

Kami dkk explore ke Inkota Baku = Bibi Heybat Mosque. Disana ada pemakaman keturunan Wali Rosululloh. Mud Volkano, Gobustar, Fire Templ. Ohya makana  khas di Baku Shuarma, nasi kebab domba muda, rotin khas swiex.

Transportasi di Baku ada metro, bus, kereta untuk keluar kota.

Nah dari Azerbaijan kami menuju Georgia naik kereta malam. Lama perjalanan hampir 6 jam. Keretanya nyaman bisa tidur dan tingkat tempat tidurnya. Dan dapat makan. Mau sampai border perbatasan muncullah petugas imigrasi. Semua passport penumpang di periksa. Dan kami bertiga paling lama di periksa dan di intograsi. Karena 2 orang passportnya hanya ada Visa USA dan New Zealand, dan 1 orang kawan kami hanya ada visa VOA. Jadi kami gagal masuk ke Georgia. Dan kami bertiga diturunkan sebelum sampai diborder. Untung sudah pagi.. Tapi kami semua bawa happy dan enjoy. Petugasnya baik juga lo kami di carikan taxi ongkosnya 100 manat. dan suruh balik ke  kota baku dan harus dengan pesawat untuk ke kota Georgia. Yah lumayanlah jalan2x dengan disuguhi pemandangan yang indah. Lumayan lama lo dari Border Azerbaijan ke Baku hampir 6 jam.

20170415_120606

20170416_090224

Taxi menuju kota Baku

This slideshow requires JavaScript.

Perjalanan dilanjutkan ke Georgia…

Rusia – St. Petersburg & Khazan

Destinasi selanjutnya menuju St. Petersburg. Kota terbesar kedua di Rusia. Menuju St. Petersburg saya naik kereta Sapsan (kereta Express), jarak ditempuh kurang lebih 4 jam. Sebelumnya tiket sudah saya beli via on line lumayankan dapat harga murah jika beli sebulan sebelum berangkat. Ada juga kereta malam (biasa) jarak yang ditempuh 8 jam. Tiba di Stasiun Moskovsky Vokzal di ST. Petersburg saya langsung menuju halte bus untuk menuju ke Hostel. Wah kota ST. Petersburg ini selalu mendung terus cuacanya. Ternyata dalam 1 tahun matahari muncul selama 65 hari. Jadi mereka bisa menikmati cuaca matahari Cuma 2 bulan saja. Walaupun di Kota moscow cuaca cerah dan bersalju tapi dinginnya semriwis dan sedangkan di ST. Petersburg ini cuaca selalu mendung terus dari pagi sampai petang tak pernah muncul mataharinya… kalo malam hari sepiii kaya negri drakula hehehehe…

Tempat makan di St. Petersburg sama dengan di Moskow, ada beraneka ragam restauran khas Rusia seperti MY MY, Yolki Palki, dan Grabli / fast food ala rusia seperti Kartoshka dan teremok. Kalo mau cepat dan murah dengan menu ala Rusia bisa coba Kartosjka yaitu kentang dipanasi yang dicampur dengan keju da aneka salad pasi maknyuuss rasanya.

St. Petersburg terdiri dari beberapa pulau yang dihubungi oleh sungai. Untuk menikmati keindahan kota biasanya menggunakan kapal yang menyusuri kanal-kanal dan sungai neva. Tapi sayang sekali saya tidak bisa naik karena suasana bersalju dan kapalnya tidak bisa jalan, karena sungainya sudah membeku.  Destinasi selanjutnya saya menuju ke Istana Petergof bisa menggunakan transportasi darat  atau menggunakan metro. Istana ini terkenal dengan aneka bentuk desain air mancur yang dilengkapi dengan patung menghiasi keindahan Taman Petergof Tepat di depan istana menghadap ke laut terdapat air mancur dan patung samson sedang merobek mulut singa. Patung tersebut memang sebagai simbol kekuatan Rusia melawan angkatan perang Swedia. Samson adalah simbil keperkasaan Rusia. Tapi sayang sekali pas saya tiba di Istana Petergof air mancurnya mati karena bersalju hehehehe .. tapi saya tetap bawa enjoy ajalah,,, yang penting kan traveling harus happy.

Destinasi selanjut Tsarskoe Selo salah satu istana musim panas yang ada di luar kota St. Petersburg. Istana ini terkenal dengan ruangan yang indah dan koleksi berbagai lukisan dari berbagai negara. Lanjutnya destina saya ke museum Hermitage, disinilah koleksi lukisan para raja pada masa2 lalu. Dan dilengkapi dengan koleksi hasil kerja seniman zaman raja-raja yang sudah dilengkapi dengan semua benda seni.

Destinasi selanjutnya menuju Benteng Peter dan Paul yang dikenal dengan sebutan Petropavlovskaya Krepot. Didalam benteng ini berdiri tegak katedral yang merupakan gereja pertama di St. Petersburg, dan ada tempat ziarah para pendiri dan pembesar rusia pada masa kerajaan. Makam Peter the Great sampai Aleksander III masih terawat dengan baik.  Dan didalam lingkungan benteng ini ada sebuah penjara.

Selanjutnya Masjid Biru St. Petersburg. Jadi Masyarakat Rusia ada yang religius dan sebagian besar ada yang beragama kristen ortodoks. Masjid ini sudah sangat tua dan masjid ini bernama Jamul Muslimin yang dibangun secara utuh tahun 1910 – 1921 dari tangan dua arsitek Nasrani bernama Vasiler dan Alezander von Googen, masjid ini menampung lebih dari 2000 jamaah. Kubah yang dari luar berwarna biru didalamnya terdapat ukiran dan lukisan seperti dinegara Arab. Oh ya saya sempat shalat isya di masjid ini lo …

Lanjut kita menuju Gereja Berdarah, gereja inilah paling termahsyur di St. Petersburg. Nama aslinya Kram Spasa na Krovo bahasa inggrisnya menjadi Churuch of the Savior on Spoilled Blood, dalam bahasa Indonesianya Gereja Berdarah.

KAZAN (Wisata Religi)

Perjalanan selanjutnya menuju Kazan, yang bisa di lalui dengan transportasi udara dan kereta. Perjalanan saya menuju ke Kazan menggunakan pesawat S7, jarak yang ditempuh selama kurang lebih 2 jam. Untuk mecari souvenir yang unik dan berkualitas ada di Kazan.  Sampai di Kota Kazan suasanaya beda dengan Moscow dan St. Peterburg yang hiruk pikuk dan crowded.  Di Kazan suasanaya nyaman, tenang, tentram dan terdengar suara adzan. Karena penduduk muslim rusia hanya ada di Kazan.

Kazan sebetulnya bukan kota kecil, yang merupakan ibu kota Republik Tatarstan, salah satu negara bagian di Federasi Rusia. Untuk explore wisatanya cukup jalan kaki saja atau naik metro. Disana ada central Market, Masji Nurul, masjid Al-Mardjani, Masjid Zakobannaya. Selain itu di Kazan ada juga Gereja Epiphany yang dilengkapi dengan Tower Bell, ada juga theater Kazan Tatar.

Destinasi saya menuju Kazan Kremlin dari hostel cukup jalan kaki saja. Di dalam Kremlin terdapat kantor Presiden Tatarstan, Masjid Kul Sharif, toko-toko suvenir dan museum.  Di jalan Bauman lah pusat souvenir Kazan yang beraneka ragam jenis sourvenir. Selain itu lokasi ini juga menjadi pusat keramaian dengan banyak hotel, restoran dan outlet-outlet pakaian yang merupakan brand lokal Kazan. Oh ya di sana saya jumpai Jam Tower terkenal di Kazan. Masjid yang terkenal di Kazan adalah Masjid Kul Sharif merupakan salah satu masjid terbesar di Rusia. Masjid dengan ciri khas kubah berwarna biru ini mampu menampung sampai enam ribu jamaah. Walaupun di Kazan masih turun salju tapi saya tetap enjoy saja selaman menjalani trip ini.

Perjalanan selanjutnya menuju Kota Moscow dari Kazan ke Moscow saya naik kereta malam yang ada tempat tidurnya. Karena cuaca bersalju, dingin dan disana hurufnya keriting semua, saya kesulitan mencari gerbong kereta, akhirnya saya tanya dengan penumpang yang ada di stasiun kereta, dan beliaupun antar saya sampai gerbong kereta dan sampai tempat duduk. Alangkah baiknya penduduk kazan ini. Jika ingin traveling janganlah malu bertanya sama orang. Walaupun mereka tidak bisa berbahasa inggris kita tunjukkan saja tempat tujuan yang akan kita tuju pasti mereka akan membantu. Happy Traveling dan selalu bawa enjoy saja…

Stasiun Moscow

Masjid Kuil sharif – Khazan

khazan terus bersalju

RUSIA LEBIH HEMAT

Hebohnya Pesawat Vietnam Airlines promo…. jreng jreng mulai saatnya kita kotak katik webnya si Vietnam Airlines. Walaupun pesawatnya sudah berumur tetapi ok juga ni… harga tiket pesawat dari Kualalumpur ke Moscow (Domodedovo) PP Rp. 4juta lebih. Aku langsung beli aja deh… mengenai visa dll belakangan dulu. Yang penting tiket promo sudah ada. Hampir setahun kemudian, dua bulan sebelum berangkat, saya mulai booking hostel sekitar Moscow, St. Petersburg, Khazan, untuk booking hostelnya di website booking.com. Cari yang free cancel dan harga murah meriah jangan lupa harus komplit dengan dapur dan wifi itu penting bagi para traveller seperti saya ini. Lalu saya minta visa support di Hostel yang sudah saya booking daerah Moscow. Biaya visa support 1500 rubel / USD 30. Setelah ada visa support di email dan di print lalu mulai lagi ni untuk apply Visa Rusia buka di website Visa.kdmid.rv/petitonchoice.aspx. Semua form di isi dengan benar dan juga jangan lupa isi no registrasi asuransi. Biaya Visa Rusia USD 70. Setelah itu semua hostel yang sudah di booking harus sudah full paid. Karena itu syarat untuk buat VISA Rusia. Memang ribet sekali visa rusia ini. Mungkin negara ini tak butuh turis kali ya hahahahah. Banyak sekali orang2 apply visa Rusia tidak mengikuti peraturan dari Konsuler Rusia akhirnya visa di tolak dsb.

Setelah semuanya selesai dan Visa rusia sudah di approved dan expirenya sesuai jadwal penerbangan tiket yang kita beli. Jika tiket kita 10 hari yaaa dapat visanya 10 hari juga.. hehehe gak masalah yang penting sudah berangkat eyyy… Lanjut mulai kita booking kereta Sapsan dari Moscow ke Petersburg. Silahkan buka di website pass.rd.ru/ticket.

Atur aja jadwal pembelia tiket on linenya. Lebih baik Kereta Sapsan saja lebih cepat dari Moscow ke St. Petersburg. Setelah itu lanjut lagi booking pesawat dari St. Petersburg ke Khazan. Kebetulan saya dapat promo pesawat S7. Lumaya hampir 2 jam laa perjalanannya. Lanjut lagi booking tiket kereta dari Khazan ke Moscow. Saya booking tiket kereta sleeping aja. Lebih asik ada tempat tidurnya dan dapat makan + minum. Lumayankan lama perjalanannya lebih dari 8 jam.

Semuanya sudah beres dan sudah atur itinerynya. Lanjut mulai perjalanan ke Moscow. Pesawat Vietnam Airlines.. Wahh penumpangnya kebanyakan orang Vietnam. Ohhh isu2nya orang2 Vietnam ini kerja di Rusia dan pelajar di Rusia. dan mereka free visa juga karena sama2 negara komunis. Tapi penumpang orang2 vietnam ini bener2 gak tau diri juga lo. Pesawat mau take off aja masih aja nyalain hp dan hallo2an. Sampai Landingpun juga sama. Belum juga landing terdengar suara dering hp masuk dan masih saja hallo2an.. Puffffff orang2 Vietnam ini berani gak tau resiko juga. Sudah gue tegur penumpangnya dan pramugarinya,, mereka dont care cuyy…, Sampai imigrasi pun..orang2 vietnam membludak…. dan antrinya luar biasa. Ahh yang penting sudah keluar imigrasi yessss.. Welcome Moscow, Perjalanan dilanjutkan menuju hostel yang sudah saya booking. Kremlin Hostel di Moscow. Harga murah meriah dan lokasinya dekat dengan tempat wisata. tinggal jalan kaki saja. Oh ya mengenai transportasi diMoscow ada Marshrutka yang merupakan angkot seperti di Jakarta, Bogor dll, Ada juga Trolley bus / Awtobus. Trolley bus yang merupakan angkutan menggunakan aliran listrik. Sedangkan Awtobus meggunakan bahan bakar fosil. Tramway yang meruoakan kereta yag digerakkanoelh tenaga listrik dan berjalan di tengah2 jalan raya. Tasi yang merupakan angkutan umum paling mahal karena bersifat pribadi dan bisa mengantar penumpang sampai tujuan. Metro yang merupakan transportasi praktis, cepat dan mudah murah meriah. dan setiap turun dari stsiun metro selalu di hiasin ornamen2 yang unik dan bersejarah. Kedalam escalatornya saja seperti dalamnya sumur +/- 50 m … wow dalam sekali, tapi keren banget viewnya pas sampai stasiun metro.

MOSKOW

Tempat wisatanya okey juga ni. Kebetulan saya bulan November berkunjung ke Rusia. Dinginnya luar biasa sampai minus lebh dari 10 derajat. Tapi tetap bawa enjoy. Walaupun turun salju tapi ada matahari lo…. tetap aja dingin juga ni.. Tempat wisaranya okey juga. Di Moskow ada Lapangan Merah Kremlin yang memendam misteri, Gereja St. Basil Seperti Gereja dongeng Aladin yang berwarna cerah, Kereta bawah tanah terdalam dan tercantik di dunia, Arbat tempat souvenir danlengkap, Leninsku Gory sebagai the peak of moskow, Oh ya di Kremlin – Lapangna Merah yang merupakan istana dan museum di dalam kremlin, lapangan merah dan mousoleum Lenin. Tepat bersebrangan dengan Mousoleum Lenin terdapat gedung megah dengan arsitektur Khas Rusia yang dibangun 1880. Itulah pusat pertokoan GUM yang tersohor di Moskow. Di GUM para pelancong bisa mencicipi es Kri Rusia yaitu “Gastronom No. 1”. Oh ya setiap saya explore di luar selalu masukin dala gedung. Karena di Luar dinginnya luar biasa. Jadi masuk kedalam gedung sebentar untuk menghangati badan hahaahaha. Lanjut Explore Katedral Putih “Khram Krista Spasitelya. Lanjut explore cobain ahh naik METRO yang pengalamanan mengasikan bagi saya. Bayangin saja masuk ke dalam sumur tak ubahnya maasuk ke perut bumi lebih dari 40 meter cuyyy kedalamannya. Jauh lebih dalam dari sumur kampuang jauh dimato hahaahaha… Bedanya memasuki stasiun metro kita menggunakan eskalator. Setiap pemberhentian metro para pelancong akan disuguhi berbagai ornamen dan patung2 yang dibuat oleh para tangan2 orang2 Rusia pada masa kejayaaan komunis. Semua nuansa perjuangan baik dari tentaraa, petani dsb. Lanjut explore ARBAT LAMA, tempat berburuya souvenir, kerajinan tangan dsb. Lanjut Ismailovsky Park yang merupakan taman yang cukup indah dan tempat ini lebih dikenal sebagai pusat souvenir Rusia. Koleksi barang2 yang di jual di pasar Ismailovksy bervariasi, mulai harga yang biasa dengan harga murah meriah sampai yang exklusif harga mahal.. Lanjut naik Cruise di Sungai Moskow. Tapi karena salju kapalnya gak bisa jalan deh heheheheh .. Gereja St. Basil yang merupakan gereja mirip di Dufan Jakarta heheheh bahkan sekilas tidak keliatan kesan rumah ibadah. Dan masih banyak lagi wisata di daerah Moskow.

20161120_105710

Stasiun Kereta lanjut ke St. Petersburg

Perjalanan dilanjutkan ke St. Perterbug naik kereta Sapsan… Bersambung

ANDORRA LA VELLA

Hi hi Apa kabar ketemu lagi nih

Tadi sebelumnya saya cerita perjalanan maroko dan lanjut ke Fes, dari Fes terbang ke Barcelona naik Ryan Air dan mendaratnya di Airport El Prat T2. Lalu lanjut ke Andorra. Jadi Dari Barcelona ke Andora naik Direct Bus, kebetulan  di Barcelona Airport eI Prat T2 ada bus menuju ke Andorra. Saya beli tiketnya online. dari Barcelona ke Andorra Direct Bus namanua pp 57 Euro. Lumayanlah… penasaran dengan Andorra. Jadi awalnya sampai di Airport Barceona sekitar jam 00.30 jadi kita tidur di bandara saja. Karena bus ke Andorra jam 07.45. Setelah itu paginya saya cari halte bus (Direct Bus – Andorra). Tapi kami keluar tanya ke security dll tak satupun ada yang tau, lalu kami berjalan kaki dan tanya polisi katanya bus stop DIRECT BUS – Andorra di halte bus. Lalu kami cari2 dan panik karena waktunya kepepet tak menemukan halte bus tsb. mondar mandir keliling airport T2 tak menemukan halte bus. Ya sudah kami tunggu halte bus dekat jembatan. Ehhh ternyata kami melihat ada tulisan DIRECT BUS dari jarak jauh… yessss hati kamipun senang dan bahagia. Duhhh sudah panik klo tidak dapat bus, tiket sudah kebeli lagi. Akhirnya dapat bus juga. Kami duduk di bangku pas kami menoleh ke jendela, yealahhhh gak taunya tulisan direct bus ditempel di dinding halte hahahaah hahaahah…aduuhh gak liat kita. Ternyata ada tulisannya di halte ada. Karena mungkin kami panik pandangan mata lurus2 aja tidak melihat tulisan DIRECT BUS pas dihaltenya. Ya sudahlah yang penting sudah dapat busnya hati lega, kami lanjut tidur deh…. perjalanan bus ini menuju Barcelona City, ternyata sudah sampai barcelona city bus stop dan kami harus daftar ulang di loket. Yess akhirnya bus pun berangkat menuju ke Andorra. Lama perjalanan dari Barcelona  ke Andorra sekitar 2 jam lebih. Wow sepanjang perjalanan menuju ke Andorra dinikmati pemandangan yang indah2 dan mempesona. Melihat view2nya yang cantik dan takjub melihatnya. Indah di pandang mata, tapi susah untuk di foto hahahaah..Sampai terminal bus akhirya kami mencari Locker sekitar terminal. Untung ada locker untuk taro tas ransel lumayankan untuk explore tidak cape. Buka 24 jam tapi jam 18.30 pintu untuk masuk ruangan locker di kunci. Oh ya sewa lockernya 4 Euro ya lumayankan kalo kita berdua bisa sharing. Kami keliling andorra naik bus hanya pilih yang 1 day pass aja lumayanlah bisa keliling. Tiket busnya 7,2 Euro. Kami keliling menuju ke Placa Consell GEneral, Tobira, El Puial, Cami Dei, dll berdasarkan bus stop aja setiap ada view yag cantik dan bus berhenti kita turun, biasalah foto2 hehehehe sambila menikmati alam pegunungan yang indah.

Andorra adalah sebuah negara independen kecil yang bersinar seperti permata tertanam di tengah-tengah Pegunungan Pyrenees. Negara ini terletak di antara Perancis dan Spanyol. Permata ini adalah negara terkecil no 6 di Eropa, yang memiliki luas 468 km2.Keren cuyyy…

Andorra bukanlah anggota Uni Eropa dan untuk perjalanan ke Andorra tidak diperlukan visa bagi warga negara Eropa. Bagi warga negara di luar Eropa dapat mengajukan visa Schengen untuk mengunjungi Andorra, dikarenakan negara ini tidak memiliki airport sendiri, sehingga harus melalui jalan darat dari Spanyol atau Perancis.

Banyak jalur perjalanan yang bisa kita pilih dari Perancis untuk menuju Andorra. Salah satu yang paling saya suka adalah jalan yang melewati Port Denvalira. Jalanan yang berkelok-kelok naik-turun, menyuguhkan pemandangan puncak gunung yang tertutup salju dan lembah-lembah yang indah dengan beberapa rumah yang saling berjauhan, menjadi santapan manis sebelum sampai di Andorra la Vella.

Walaupun Andorra adalah negara kecil, tetapi banyak hal yg ditawarkan, tempat ski dengan pemandangan spektakuler, juga surga belanja bagi orang yang suka shopping karena negara ini tidak mengenakan pajak barang, sehingga harga jauh lebih murah dari negara-negara lain di Eropa.

Ketika kami berkeliling di kota Andorra la Vella, banyak toko-toko yang mendominasi di kota ini. Paling banyak adalah toko-toko yang menjual alat-alat elektronik kecil. Mulai dari smartphone, pc tablet, gadget mainan, kipas angin, blender, kamera, dll.

Serta toko baju, tas-tas bermerek, jam tangan, perhiasan emas, sepatu, parfum, dll. Walaupun lebih murah, tetapi keaslian barangnya pun terjamin. Garansi yang diberikan oleh penjual bila membeli barang elektronik, adalah garansi internasional.

Selain pusat belanja, tak banyak yang ditawarkan di kota ini, dan kami pun akhirnya menuju ke kota tua. Bangunan-bangunan yang terkenal di kota tua ini adalah gereja Sant Esteve dan Casa de la Vall.

Gereja Sant Esteve sudah berdiri sejak abad ke-11 dan telah mengalami perubahan besar dalam abad ke-20. Casa de la Vall awalnya dibangun oleh keluarga kaya sebagai hunian pada tahun 1580, lalu dibeli oleh Dewan Council pada 1702 dan sekarang menjadi gedung Parlemen Andorra.

Di samping gedung ini terdapat sebuah patung dan juga sebuah spanduk kecil menerangkan sejarah singkat parlemen Andorra dalam bahasa Inggris dan Spanyol. Gedung ini juga mempunyai halaman yang luas dan dari sini kita dapat memandang lembah dan pegunungan hijau di sekitarnya.

Dari tempat parkiran hingga ke danau, jarak yang harus kami tempuh sekitar 3,5 km. Sepanjang jalan kami pun dapat menyaksikan pemandangan pegunungan dengan puncak berselimutkan salju, tebing batu menghiasi permukaan gunung, dan lembah hijau dengan pohon menjulang dari segala penjuru.

Ada juga aliran air yang banyak turun dari gunung, dan ada beberapa menjadi air terjun mungil. Di lembah ini kita dapat melihat kota-kota kecil dan juga kota Casa de la Vall. Beberapa kali kami berpapasan dengan keluarga yang hiking juga ataupun orang-orang yang sedang jogging.

kami mengunjungi jembatan tua La Margineda. Setibanya kita di sini, tidak banyak yang dapat kami nikmati, hanya sebuah jembatan tua, suasana sepi dan tidak ada pemandangan lain yang menarik.

Sekali lagi, kota ini pun penuh dihiasi dengan berbagai toko dan supermarket. Setelah puas berkeliling kita pun melanjutkan perjalanan sambil sekali-sekali berhenti untuk menikmati pemandangan pegunungan yang diselimuti salju.

20160513_141927

Yes bisa berpose

20160513_132320

Berpose di depan information touristada symbol andorra

heheeh keren kan viewnya nuansal alam yang asri dan bersih

Kebetulan saya explore andorra cuma sampai jam 4 sore saja, kembali ke Terminal bus karena harus segera ambil tas ransel yang dititipkan di locker, nanti jam 18 an pintu masuk ke locker di kunci malah ambil besok pagi deh heheheh.. Yang penting selama kita trip backpacker / Mandiri harus di siplin peraturan dan ada waktunya untuk enjoy.

Perjalanan dilanjutkan menuju ke Barcelona Airport. Sepertia biasa naik Bus (Direct Bus) jurusan Andorra – Barcelona Airport. Saya ambil bus malam, sampai di Barcelona sekitar jam 12 malam. Lumayanlah untuk tidur di Bus.

Sampai bandara Barcelona EI Part T2, tidur di bandara biar hemat, dan esok paginya terbang menuju ke Milan, kebetulan aik Rya air dapat harga 30 euro lumayanlah naik pesawat metro mini eropa yang begitu ramenya, dan pesawatnya ngebut di langit hehehe landingnya gubrak setelah itu tepok tangan deh semua penumpangnya hahaahah…

Sampai di Milan pagi sekitar jam 8 pagi, akhirnya tujuan di Milan shopping oleh2 di LIDL (supermarket termurah di Eropa). Siangnya perjalanan di lanjutkan menuju Ke Jakarta naik Qatar Air. Yahhh begitulah suka duka backpackeran. Senang sedih dibawa aja, yang penting sehat dan selamat sampai ditujuan.

Sampai jumpa di lain waktu,, semoga info saya ini menyenangkan. Dan mohon maaf jika ada info yang tak berkenan di hati maklum backpaker orang susah yang penting bisa jalan jalan ke luar negri dengan budget terbatas. Lumayan kan dari Belanda, Athnea, Santorini, Athena, Milan, Marrkesh, Fez, Barcelona, Andorra, cuma bawa uang saku 550 Euro bisa beli oleh2, tas, coklat, kue2 dll.

Semoga kawan2 mampu explore ke eropa… 🙂

Fussen – Munchen, Vienna-Wien

3 October 2015 (hari ke 10 Fussen_

Setelah puas explore Inssburck nuansa pegunungan alpen yang indah sekali viewnya, perjalanan dilanjutkan ke rumah kawan ku di Munchen. Jadi dari Inssburck Central Station (HeiliggeoststaBe) ke Munich Central Station naik Flix Bus. Kebetulan kita beli tiketnya online jauh jauh hari jadi murah, dapat tiket flixbus pp 8 Euro kan lumayan lo. Sampai Terminal bus Munchen lanjut naik kereta Bayyan ke rumah kawan ku dapat tiket 1 day aja belinya jadi bisa seharian 12,10 Euro. Lumayan kan. Besok paginya kita mau ke Castle Fussen keren lo istana kerajaan Munich bayar tiket masuknya aja 30 Euro. Lumayanlah treking sebentar menuju ke Istananya. Jadi dari rumah kawan ku ke Fussen lama perjalanan cuma sejamlah. Lumayankan deket hehehehee

Area Castle – Fussen

Sekitar istana Fussen

Setelah puas explore Castle Fussen seharian lanjut balik ke rumah kawan ku, nanti malam mau lanjut ke Vienna naik bus. Kebetula naik Flix Bus dapat harga 29 Euro walah lumayanlah Emang lagi tinggi ni harganya heheehe padahal sudah paling murah tu. Lama perjalanan dari Munich ke Vienna – Wien 6 Jam. Jadi Berangkat dari Munich jam 23.45 biar hemat tidur di bus aja heheheehe.

4 October 2015 (hari ke 11 Austria – Vienna – Wien)

Sampai di Terminal Bus Vienna sekitar jam 05.30 waduh masih gelap lagi dan dingiiinn, Sambil leha leha di Termial bus Vienna Erdberg. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Hostel Do Step Inn, Wien Austria. Hostelnya bersih dan ada dapurnya lumayanlah untuk masak2x buat sarapan. Explore seharian di Wien naik kereta sebentar lalu jalan kakai deh. Ternyata jam tangan murah2 juga harganya di Austria, terutama jam tangan bermerk rolex wow pengen beli takut kurang duitnya heheheeh,,, Disana banyak sekali kuda2 seperti delman, nuansanya seperti kerajaan, heheehe dan cuacanya adem, bersih, astri dan rame pengunjungnya. Dimana2 banyak outlet branded. Kebetulan saya mau seharian explore ke Hofburg Palace, Belvedere Palace, Schonbrunn Palace itu ada di District 1 / Innere Stadt. Pusat kotanya world Heritage Site Unessco, Old town Istana Hofburg, Gereja di Innere Stadt ada di tengah kota Vienna. Semua bisa jalan kaki saja. Kebetulan saya beli tiket kereta yang 2 day pass harga 13,30 Euro sengaja beli yang 2 hari biar besok bisa explore lagi dan puas.

Tengah kota Wien

Pusat Kota – Wien

Sekitar Innere Stadt

5 October 2015 (hari ke 12 Austria – Vienna – Wien)

Setelah seharian explore Wien, esoknya kita mau explore ke Schonbrunn Palace – Istana keluarga, jadi naik metro dari City Center menuju Schonbrunn. Setelah itu lanjut ke tempat viewnya paling indah bisa liat dari atas. Saya lupa nama tempatnya

Berpose depan istana keluarga

Alhamdulillah di puncak menemukan mesjid – wien

Halaman Masjid

View nya lumayanlah

Setelah puas explore Wien (Austria) dari Pusat kota sampai ke puncak, esoknya perjalanan akan di lanjutkan ke Salzburg, Bersambung

CHEFCHAUEN – LABIRIN BIRU & FES (MAROKO)

Perjalananku dilanjutkan ke wilayah serba biru dari rumah, masjid, toko2, restaurant semua dindingnya berwarna biru muda seperti warna blao hehehehe indah sekali. Kebetulan aku naik bus dari Tangier, naiknya dari terminal bus nama marokonya Laga Turkeya, jadi dari Cap Spartel aku naik taxi (taxi yang sudah kita charter dari Tangier ke Cap Spartel) ongkosnya masih tetap sama 60 Dirham. Sampai terminal bus kita langsung cari loket tiket bus menuju ke Chefchauen harga tiketnya 35 dirham dan tas yang besar2 harus dimasukkan ke bagasi karena tidak muat jika masuk dalam bus. Bagasinya aja kita harus bayar 10 dirham ala maaakkk mirip di eropa timur aja, kalo naik bus semua tas besar masukkan ke bagasi dan bayar pula. Lama perjalanan dari Tangier ke Chefchauen kurang lebih 4 jam lumayanlah lama ya. Wow selama dalam perjalanan nya aja melihat pemandangan seperti di Swiss dan banyak pegunungan. Ternyata dinginnya melebihi di puncak. Sampai terminal kami lanjutkan mencari penginapan, maunya dekat Kasbah yang mudah dijangkau untuk treking besok. Alhamdulillah dapata hostel Souike semalam 70 dirham per orang dan lengkap dengan wifinya dan dapurnya. Lumayanlah bisa masak2 untuk sarapan. Ternyata sampai di Chefchauen hujan terus. Jadi sorenya kami explore sebentar saja. Keliling2 sekitar labirin biru. Rencananya esok pagi saja kita treking keatas. Dari atas lebih keren viewnya. Jadi kami memutuskan nginep di hostel 2 malam saja. Di Labirin biru banyak sekali yang jual2 souvenir seperti tas dari kulit harga sekitar diatas 100 dirham, pasmina handmade, pajangan, dll. Makanan khas maroko juga ada, murah meriah lah disana. Cuaca di sana bener2 dingin sekali dan jam 5 sore saja sudah berkabut. Penduduk disana ramah ramah dan enjoy aja jika para traveler wanita solo backpacker. Aman aman saja yang penting penampilannya yang sopan dan tidak banyak memakai perhiasan berlebihan.

20160511_162208

Berpose di KASBAH

20160511_165339

Area pemukiman Labirin Biru

20160511_174248

Akhirnya sampai juga nanjak ke tembok labirin mirip tembok china. Walaupun hujan rintik2 keren juga view dari atas

20160511_165407

Keren kan temboknya serba biru

20160511_150341

Makanan khas Maroko “Ta’Jin”

Setelah puas explore Labirin Biru, besok pagi perjalanan dilanjutkat ke FEZ. Saya beli tiket bus di loket terminal bus, harga tiketnya 60 Dirham, kita ambil jam 07.30 pagi aja sampai di Fez jam 1 siang.  wow lumayanlah. Lama perjalanannya dari Chefchauen ke Fez kurang lebih 5 jam, itupun harus bayar bagasi juga kalo ada tas ransel. Lanjut kita naik bus, walah busnya sering berhenti ni lelet deh heheheh tapi enjoy ajalah namanya juga ngebolang santai. Sampai terminal FEZ kami istirahat dulu dan makan2 lanjut deh explore sekitar Fez dengan jalan kaki dan santai, kita mau explore tempat para turis alias buljut, wah sampai buljut banyak sekali yang jualan souvenir khas maroko. Jadi kalo mau shopping seperti magnet kulkas, dompet, baju dll murahnya di Fez aja. Tapi kalo pasmina bagusan di Chefchauen karena semuanya handmade. Fez sangat crowded dan cuacanya panas dan angin. Kita explore apa yang ada aja di FEZ jalan kaki dan nyantai hehehehe. Oh ya kebetulan di FEZ saya hanya sebentar karena jam 21.35 sudah terbang ke Barcelona. Jadi dari Buljut harus naik Taxi lokal dulu ke tempat pangkalan taxi ke airport. Jadi taxinya beda, itupun harus bayar 20 dirham, lalu lanjut naik taxi ke airport bayar 40 Dirham. Wah sampai Airport aja ketat buanget lo. Semua di cek baik passport dan tas.

Perjalanan menuju ke FES

20160512_143333

Berpose depan benteng – Fes

20160512_143308

Sekitar benteng – Fes

Setelah puas explore Fes seharian lumayanlah, perjalanan lanjutkan ke Barcelona naik Ryan Air heheheeh barcelona numpang lewat doang di Bandaranya, soalnya lanjut ke Andorra naik bus.