Daily Archives: July 8, 2013

umroh mandiri bagian ke 2

Madinah

Sampai di madinah kita langsung stay dipenginapan istirahat, tidur dll. Subuhnya baru kita ke Masjid Nabawi, enak loo walaupun penginapan kita lumayan gak begitu jauh, pagi2x jalan kaki menuju masjid Nabawi. Yaaa bulan Mei 2013 di Madinah memang hight season, banyak sekali jamaahnya, cuaca memang cukup panas, tapi kita namanya ibadah dibawa enjoy ajalah. Jauhi semua perkataan kotor, hati dengki, intinya disana kita hanya beribadah ibadah,,,, klo disana panas, jangan bilang panas, kita asik asik aja anggap aja disini adem and seger,,, Di Masjid Nabawi kita melakukan shalat subuh berjamaah setelah itu shalat jenazah. Sambil menunggu waktunya Raudah ke makam nabi muhammad beserta sahabatnya. Tapi kalo jamaah wanita untuk Raudah ke makam rosullullah ditentukan waktunya, beda dengan jamaah pria bisa setiap shalat wajib tuuu enaknya. Dan jamaah wanita untuk raudah aja gak bisa lihat makam nabi muhammad beserta sahabatnya. Tapi jamaah pria bisa langsung lihat tuuu,,, pokoknya selama stay di Madinah kita beribadah terus deh.

Setelah itu kita jalan2x keliling2x sekitar masjid nabawi. Disana banyak sekali penjualan pakaian, accessories, kurma dll. Saya sarankan lebih baik untuk belanja2x puasin di Madinah harga lebih terjangkau dan bagus2x, jangan belanja di Mekkah pasti mahal2x bro… Saya sudah biasa kalo jalan2x untuk melihat2x aja, tapi kalo ada jual makanan apa yang halal di icip icip ajalah wkwkwkwkwkwk, namanya kan rejeki,, coba aja. Oh ya untuk mata uang real, saya sarankan bawa uang USD, SGD,,, kursnya bagus banget looo. Saya waktu itu bawa uang SGD 100, saya tukerkan ke Real, totalnya 198 Real, ehhhh dikasih 200 Real, saya tak punya uang kembalian,,, akhirnya petugas money changer menghalalkan saya gak usah kembali. Alhamdulillah rejeki,,, ambil ajalah. Waktu mau shalat zhuhur siang hari banyak sekali orang2x madinah memberikan santunan seperti coklat 1 box, kurma 1 box, dll… saya akhirnya dapat coklata uhuyyyyy lumayanlah buat makan,, hehehehe,, pokoknya disana banyak sekali orang berlomba2x berbuat kebaikan. Asal jaga kata2x aja, klo kata2x kita macem2x pasti hari ini juga terjadi. Untuk belanja disana kita sebagai wanita jangan terlalu lembut, karena laki2x sana iseng2x suka megang2x lah, suka nyentuhlah dsb. Cowok aja di pegang2x apalagi wanita. Dan kita harus jago nawar yaaa biar gak apes dikibulin heheheh…pokoknya serba halal dehhh kalo kitanya pinter hehehe

Selama di madinah kita dapat makan gak tentu kadang sehari 3x, kadang sehari 2x, yaaa nikmatin ajalah makannya. Menunya juga ala kadarnya tapi saking lapernya tuuu temen2x selalu abis,, sampai bersih tak ada satupun nyisa makanannya heheheh.. emang pada laper tu semuanya. Waktu beribadah di Masjid Nabawi ada kejadian unik untuk saya, saat ambil wudhu tak ada orang disamping saya, tak ada barang di samping saya yang ada hanya barang saya aja, pas selesai wudhu saya lirik ke kiri kok ada cincin, saya menemukan sebuah cincin bagus sekali. Walaupun tidak emas, tapi bagus sekali. Yaaaa mungkin rejeki kali yaaa. Cincin itu saya berikan ke guru saya aja. biar berkah. moga2x senanglah menerimanya. Waktu saya abis shalat di masjid nabawi selalu saja ada jamaah baik hati, saya diberikan teh hangat dengan rasa mint, diberikan kurma, berikan roti kayak roti cane gitu, wahhh berkah sekali deh,,, yaaa saya makan aja di masjid namanya abis shalat budaya makan tetap ada heheheeh disana kayak piknik juga banyak ibu2x ngumpul pada bawa makanan, minuman.

Oh ya selain kita melakukan ibadah di masjid nabawi, kita city tour ke masjid quba, jabal uhud, satu lagi yang paling berkesan ke jabal magnet. Akhirnya impian saya ke jabal magnet terkabul juga. Mobil yang kita kendarai stop dulu dan jalan sendiri awalnya dengan kecepatan rendah tanpa kita kemudikan lanjut dengan kecepatan tinggi sampai lebih dari 150km/jam, waduhhh bener2x ajaib sekali. Oh ya selamaat perjalanan menuju ke jabal magnet, banyak sekali kita lewatin bukit2x bertasbih, jadi bener2x tangan manusia lagi berzikir, bukit2x seperti manusia sedang shalata berjamaah, bukit emas, onta2 dll. Kita lanjut ke pasar kurma,, puasin dehh shoppingnya hehehehe… ya gitu dehhh ada selingan jalan2x juga. Disamping itu saya dkk ketemu kawan kita namanya fadli kebetulan dia masih kuliah di madinah. Malamnya kita jalan2x dehh naik bus. Ternyata dalam bus duduknya untuk wanita dibelakang lo, untuk pria di depan. Kita asal jalan2x ajalah. Iseng2x mampir ke restaurant kok kebanyakan laki2x ya… mau duduk aja wanita dilarang duduk,, eyalahhhh kita pindah ke restaurant lagi, mau duduk aja wanita dilarang juga. Ternyata kalo malam2x untuk ke resaturant wanita bersama mahramnya, ceweknya dalam mobil, cowoknya yang beli,,, pantesan banyak sekali pria pria pada ngumpul. Kita semua cuek aja. Deg deg an juga jalan malam2x tanpa passport hehehehe malah polisi ngawasin kita terus,,, cabuutttt kita cari restarant lain ajalah. Akhirnya ketemu dehhh restaurant, kita beli juice, duduk diluar, enak juga juice jambu campur pisang hehehehe.. setelah itu kita kembali ke hotel. dan berpisah dengan Fadli. senang juga ketemu dengan Fadli walaupun hanya sebentar hehehehe. Oh ya untuk mall disana bener2x aneh lo, Untuk wanita Saudi aja shopping di mall dikasih waktu 15 menit, jika lebih dari itu ada intelligent akan menangkapnya. waduhhh parah.com juga. Pantesan mallnya sepi banget ya,, banyak banget aturan disana,, ya gitulah negeri arab. Setelah itu kita lanjutkan ziarah ke baqi disana banyak sekali kaum muslim dibantai,, yaa yang kita temui hanya makamnya saja,,, dan banyak sekali burung2 beterbangan. Intinya selama di madianh banyakin ibadah shalat dhuha, shalat taubat nasuha, shalat wajib berjamaah jangan sampai ketinggalan, karena pahalanya besar sekali. shalat sunnah aja pahalanya 1000 kali lipat, shalat wajib berjamaah aja pahalanya 5000 kali lipat, sempatkan diri untuk raudah kemakam rosulullah dan kita pasti akan deg deg an dan menangislah karena bisa berjumpa dengan rosulullah walaupun hanya sesaat. Pokoknya asik asik ajalah selama disana.

Image

Jabal uhud

Image

jabal emas keren kan

Image

Kumpul2x di aula masjid nawabi, setiap abis shalat selalu janjian disini biar aman

Image

Makam Baqi

Image

Kota madinah

Image

Halaman masjid nabawi

Image

Banyak jabal alias bukit menuju ke jabal magnet